Just another free Blogger theme









Senin, 06 Februari 2023

Reverse Proxy adalah salah satu jenis Server Proxy yang bertanggungjawab dalam meneruskan request client ke server. Reverse Proxy terletak diantara client dan server. Jadi, request yang dilakukan client akan diteruskan oleh reverse proxy untuk mencapai ke server.

Lantas, apa sih reverse proxy itu? Reverse proxy ini merupakan sebuah fitur/modul di dalam sebuah webserver, yang berfungsi untuk melakukan port forwarding suatu request, dari public request menuju ke dalam sistem.

Cara Kerja Reverse Proxy

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, Reverse Proxy berada diantara client dan server. Fungsi utama Reverse Proxy adalah menerima dan meneruskan request dari client ke server atau sebaliknya. Cara kerja Reverse Proxy bisa digambarkan seperti contoh berikut, misalnya kamu bertindak sebagai client yang ingin mengakses suatu website. Request yang diberikan client sebelum sampai ke server akan diterima oleh reverse proxy terlebih dahulu. Setelah itu Reverse Proxy akan meneruskan ke server dan kemudian menerima balasan dari server yang nantinya akan disampaikan ke client.

reverse proxy
Sumber : Cloudflare

Menggunakan Reverse Proxy Nginx

Salah satu web server yang digunakan sebagai Reverse Proxy adalah Nginx. Nginx adalah salah satu web server yang rilis pada tahun 2004 oleh Igor Sysoev. Dibangun dengan bahasa pemrograman C, Nginx banyak digemari karena cukup stabil, hemat resource dan cocok untuk server dengan spesifikasi rendah. Reverse Proxy Nginx ini banyak digunakan sebagai jembatan untuk komunikasi client dan server. Beberapa alasan mengapa kamu harus menggunakan Reverse Proxy Nginx antara lain :

Sumber : Nginx
  • Setting Reverse Proxy Nginx mudah untuk dilakukan dan terjamin keamanannya
  • Reverse Proxy Nginx bisa bekerja di berbagai macam protokol, seperti HTTPS, TCP, UDP, SMTP, IMAP, dan POP3
  • Reverse Proxy Nginx memiliki kemampuan untuk melakukan kompresi data agar data dapat berjalan dengan lancar
  • Nginx adalah salah satu web server yang ringan dan banyak digunakan oleh sysadmin untuk infrastruktur IT
  • Nginx bertugas untuk menyeimbangkan load atau bebas server dengan berbagai metode.


0 komentar:

Posting Komentar

terimakasih atas atensi anda